Palu & Arit

paluarit

Beberapa hari ini berita di media elektronik, dan cetak sibuk membahas tentang komunisme etc etc. Polisi bahkan menangkap 4 orang pemuda di ternate yang dianggap menyebarkan paham komunis. Well, saya ingin sedikit berkomentar tentang kasus ini. Kebetulan, hari ini juga bertepatan dengan hari buku Nasional.

Oke langsung saja. Sebenarnya tentang komunisme sendiri sudah di atur di pasal 27 Tahun 1999 tentang Perubahan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Yang Berkaitan Dengan Kejahatan Terhadap Keamanan Negara, atau kalian bisa membaca sendiri disini. Memang, disana diatur bahwa kita tidak boleh menyebarkan dan mengembangkan ajaran komunisme, Marxisme, Leninisme. Namun, negara kita adalah negara demokrasi dimana HAM sangat dijunjung tinggi disini. Lalu, bagaimana nasib seorang guru sejarah yang mungkin harus menjelaskan ajaran-ajaran tersebut sebagai bagian dari edukasi? Menurut saya pribadi, hukum ini juga agaknya sedikit terlalu tua dan perlu direvisi dengan istilah bahasa yang lebih baik, dan batasan yang jelas (mengajarkan yang seperti apa yang dilarang, atau menyebarkan jenis bagaimana yang dilarang).


Pandangan dari sisi lain sebenarnya ini kegagalan dari edukasi indonesia. Kenapa? Guru-guru disekolah gagal menanam kecintaan pemuda indonesia terhadap pancasila. Dari rasa nasionalis yang kurang, lalu mereka mencari tau ideologi-ideologi lain. Mereka menemukan bahwa ideologi “ini” lebih cocok untuk saya. Ya seperti itulah kira-kira


Sebenarnya saya tidak mau berkomentar banyak karena, ini juga bukan area saya. Cuma, saya merasa geli dengan pemerintah. Di berita dijelaskan mereka menyita buku-buku komunisme dll. Ayolah Pak, kenapa kalian insecure? Kalo kalian menanamkan rasa nasionalisme dari mereka sekolah dulu mungkin, hal-hal seperti ini tidak akan terjadi.


Just my 2cents.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s